OVJ

Berbicara masalah kekerasan di TV. Akhir akhir ini ada sebuah tayangan yang cukup mengganggu mata saya. Tayangan tersebut adalah OVJ atau Opera Van Java. Situasi Komedi ini setiap harinya menayangkan bentuk komedi yang sering menampilkan bentuk2 pemukulan atau bullying. Para komedian OVJ sering memukulkan benda2 yang kelihatannya tidak sakit ke kepala, badan, dan anggota tubuh lainnya, mirip seorang gengster yang bernafsu besar membunuh musuhnya. Menurut orang2 itu lucu. Tapi untuk saya itu tidak lucu sama sekali. Meskipun dalam setiap adegan pemukulan selalu diiringi dengan tulisan “Properti yang digunakan dibuat dari bahan lunak dan tidak berbahaya”. Namun tetap saja, itu bisa menjadi contoh bagi yang melihatnya, khususnya anak-anak, karena setiap harinya melihat bentuk bentuk berupa pemukulan, dorongan dan usaha usaha mengerjai orang dan berupaya mencelakakan orang lain dengan seribu cara.

Sule, Aziz gagap, Andre, Parto dan Nunung adalah personel dari OVJ. Mereka berupaya untuk membuat kelucuan kelucuan dengan cara yang tidak elegan. Sering kita temui mereka berupaya untuk membuat satu temannya agar terjatuh agar terlihat lucu, dipukul pertanda hal biasa, menendang, mendorong sampai merusak seluruh properti yang digunakan. Apakah perlu mereka menampilkan sebuah tayangan kelucuan dengan bentuk kekerasan..? Misalnya dengan berpantun atau menampilkan bentuk komedi sklapstik bukannya malah mengejek, mengumpat, memukul, menendang, mencela, dan menjatuhkan..

Heiii…untuk insan televisi yang katanya kreatif. Saya mohon jangan karena atas nama rating, kalian menampilkan contoh contoh yang buruk untuk anak. Nafsu untuk mengeruk income dari banyaknya iklan yang masuk, Tayangan OVJ bisa menyebabkan anak menjadi beringas, dan berwatak keras. Dan heii… para artis komedian yang saya hormati. Tampilkanlah bentuk-bentuk lawakan yang elegan. Tidak perlu kita memukul, menjatuhkan dengan sengaja, menciderai dan menjelek jelakan teman kalian sendiri. Saya tahu kalian masih dalam tataran bercanda, namun becanda kalian itu becanda kuli..!

This entry was posted in Komedi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s